Dispar Bolsel Buka Lomba Foto Bawah Laut

MANADOADS, Tourism – Dinas Pariwisata (Dispar) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) membuka kesempatan unjuk keberanian dan bakat dokumentasi foto bawah laut dalamfestival Teluk Tomini tanggal 20 sampai 23 April 2017 mendatang, kesempatan itu dibuka sejak Selasa (07/02) lalu. Seluruh peserta dari penjuru dunia diberikan kesempatan untuk mendaftar dengan biaya Rp.300.000/peserta tiap kategori lomba yang diikuti dan diberikan kaos sebagai tanda keikutsertaan dalam lomba dengan tema Underwater Photo Competition (UWPC).

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Delfian Thanta lewat nomor WhatsApp 0852-1409-2xxx, dia menjelaskan UWPC resmi dibuka “pendaftaran peserta telah dibuka dan belum juga 30 menit selama dibuka sudah ada peserta yang mendaftar dan peserta kami batasi,” terangnya belum lama ini.

Info yang berhasil dirangkum seperti dikutip dari halaman resmi lomba itu di http://bolseluwpc.com/rules/ total hadiah untuk seluruh pemenang hampir Rp.100 juta yang dibagi atas empat kategori perlombaan Macro dan Wide untuk kelas Open/SLR serta Macro dan Wide untuk kelas Compact.

Serta penilaian terhadap hasil foto diambil berdasarkan Ketajaman Gambar, Komposisi, Keunikan Gambar dan Object, Kealamian (Natural) Objek Gambar serta Dapat Digunakan untuk atau Memiliki Nilai Promosi dan Publikasi, lalu hasil fotonya tidak diperkenankan diedit sebagai bahan perlombaan.

Seluruh pendaftar dianggap telah menjadi peserta apabila telah melakukan pembayaran biaya pendafaran selambat-lambatnya 1 minggu setelah mendaftar lebih dari batas waktu maka akan diganti oleh pendaftar yang sudah membayar terlebih dahulu dan transaksi pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mentrasfer biaya ke Rekening BCA 0651383632 a.n. RUDDY HARTANTO lalu mengonfirmasi transaksi ke Ruddy Hartanto lewat Telepon atau WhatsApp di nomor 0817-4910-101, dan untuk info lebih lanjut, panitia memberikan beberapa kontak person yang dapat dihubungi di
0813-4007-1113 atas nama Reinhart Garang, 0817-4910-101 Ruddy Hartanto, 0813-4005-8479 Nelson Uada.(advent)

Berikut Persyaratan untuk Mengikuti UnderWater Photo Competition :

-. Kompetisi ini terbuka untuk semua tingkatan penyelam yang berlisensi.
-. Keputusan Juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
-. Setiap peserta hanya boleh memenangkan 1(satu) pemenang dari setiap kategori.
-. Pemenang akan diumumkan pada Malam Acara Penutupan BOLSEL Lomba Foto Underwater.
-. Peserta tidak diperbolehkan melanggar 60 menit lama waktu menyelam dan kedalaman maksimum adalah 40m dan Tekanan Udara tidak kurang dari 500psi atau 30 bar, sesuai dengan aturan Recreational Dive. Dekompresi diving tidak diperbolehkan.
-. Semua peserta bertanggung jawab sendiri terhadap semua resiko yang mereka lakukan terlebih untuk resiko dekompresi.
-. Peserta yang memiliki penyakit berbahaya dilarang untuk mengikuti Lomba. Kecuali mendapat rekomendasi dari dokternya.
-. Peserta tidak boleh membawa Pemandu Selam (Dive Guide). Peserta akan diatur oleh Panitia untuk mendapatkan Buddy-nya masing-masing dengan cara di UNDI pada saat Temu Teknis. Bagi peserta yang tidak ikut Temu Teknis, untuk penentuan Buddy-nya akan diwakili oleh Panitia saat pencabutan undi.

Foto akan didiskualifikasikan apabila menunjukkan perilaku berikut:

-. Divers yang tampak berbahaya bagi lingkungan (peralatan menyeret dalam air, menginjak dan memegang biota, dll).
-. Hewan dengan tanda-tanda stres (misalnya Octopus menyemprotkan tinta, puffersfish mengembungkan diri, dll).
-. Hewan yang pindah ke lingkungan yang tidak alami atau lokasi yang beresiko.
-. Hewan diberi makan (terutama dengan makanan buatan dari penyelam).
-. Kehidupan laut disentuh (misalnya polip karang, kuda laut dll.).
-. Divers yang menunjukkan kemampuan buruk untuk mengendalikan daya apung.
-. Semua foto yang akan di Submit, harus difoto sendiri oleh peserta.
-. Semua foto yang diambil harus menggunakan kamera digital .
-. Copyright dari setiap Foto yang dimasukkan tetap menjadi milik peserta. Sedang Panitia penyelenggara memiliki hak untuk mempublikasikannya untuk tujuan promosi/publisitas. Nama fotografer akan tetap ditempatkan pada foto yang digunakan.
-. Setiap pagi sebelum naik ke kapal, camera di periksa memorynya apakah sudah kosong.
-. Setiap hari selesai penyelaman semua memory card diserahkan ke panitia.