03-04 Juli Festival Pesona Pulau Sara’a

Manalip : “Mari Jo Datang Ka Talaud, Talaud Keren”

ManadoAds, Tourism- Meski sempat diguyur hujan dan molor 2 jam dari jadwal yang ditetapkan, Lounching Festival Pulau Sara’a Kabupaten Talaud Sulawesi Utara di area parkir Manado Town Square (Mantos) 1. Sabtu (10/06/207) akhir pekan lalu, sukses.

Sedikitnya ratusan pasang mata terpesona melihat rangkaian kegiatan yang diprakarsai Dinas Pariwisata kabupaten Talaud tersebut. Bupati Talaud Sry Wahyuni Maria Manalip, SE dalam sambutannya mengundang seluruh warga untuk datang melihat dan merasakan pembangunan yang sedang berlangsung “Lounching kali ini bertujuan untuk membangun rasa cinta daerah bagi seluruh warga yang ada di Talaud maupun yang sedang diperantauan, maka dari itu kami mengundang kepada seluruh masyarakat untuk datang berkunjung “mari jo datang ka Talaud, Talaud Keren”,” undang Bupati cantik itu.

Kegiatan untuk menyemarakkan HUT kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-15, mempersembahkan pulau cantik Sara’a dibalut pasir putih halus sebagai maskot menaikkan pariwisata diwilayah perbatasan dengan negara tetangga Filipina. Seperti diketahui, Kabupaten diujung utara indonesia tersebut memiliki luas wilayah kurang lebih 37.000 meter persegi dengan 96% terdiri dari lautan diisi oleh 17 pulau cantik didalamnya dan salah satu paling menawan yakni Pulau Sara’a serta dilengkapi oleh dua bandar udara dan pelayaran kapal laut reguler dari Manado-Talaud dan Bitung-Talaud.

“Sekarang lingkar pulau area jogging trap sudah selesai dirampungkan sebagai salah satu fasilitas pendukung bagi seluruh wisatawan yang datang,” ujar Manalip.

Dalam penayangan video berdursi kurang lebih 1 menit guna mempromosikan wisata Pulau Sara’a, para undangan terkagum-kagum dan tak menyangka. Hal itu dikarenakan model video tersebut adalah Bupati Talaud sendiri.

Program yang sejalan dengan pemerintah pusat yakni Nawacita dengan membangun Indonesia dari wilayah terluar, Staf Ahli Menteri Pariwisata Robert Waloni mengatakan, festival ini akan berkontribusi meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia. Pembangunan pariwisata merupakan pembangunan berkelanjutan dan tak ada habisnya, untuk jumlah wisatawan, Maloni menyebutkan Indonesia sangat tertinggal dengan negara tetangga seperti Singapura yang hanya menjual 1 pulau saja.

Tahun 2019, Kementerian Pariwisata menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Menurutnya, Talaud merupakan daerah strategis dan menjadi unggulan pariwisata perbatasan dan memiliki potensi besar. “Pulau Sara’a cukup atraktif menarik orang berkunjung ke Talaud. Jika ini jalan, akan menumbuhkan perekonomian Talaud. Ini juga akan membantu memenuhi target nasional,” ucapnya.

Launching ini turut disaksikan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Di antaranya Ketua DPRD George Rompah, Wakil Ketua DPRD Jakob Mangole dan Capt. Gunawan Talenggoran, Kajari Melonguane Hendry Silitonga, Kapolres AKBP Hendra Sukaca, Danlanal Melonguane Letkol MAR Mohammad Maftukin, Kabandara Melonguane Fanani Zufri, Sekkab Ir Adolf Binilang bersama keluarga. Kemudian, para asisten dan pejabat eselon II, III, dan IV, para camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, masyarakat, para tamu, dan ASN di lingkup Pemkab.(advent)

Related posts